Senin, 23 November 2009

CAPASITOR BANK ( PENGHEMAT LISTRIK)

TAHUN 2012  TDL NAIK... BBM NAIK.. ONGKOS NAIKK.. GAJI NAIK ?????
LAKUKAN PENHEMATAN
Untuk harga produk disamping per Unit Rp.200.000/pcs.. Harga  @Rp 135.000 order min 10 unit, @Rp.125.000 min order 15 unit, @ Rp. 100.000 min order 50 unit, @ Rp.95.000 min order 100unit . Belum termasuk ong.kirim ( Lengkap dengan buku panduan, garansi dan legalitas) SEgera aja ambil peluangya  2012 KATANYA  TDL LISTRIK NAIK ANTARA 10-15%. ADA Peluang bisnis  mensuplAi Capasitor Bank
10-15% TARIF DASAR LISTRIK AKAN NAIK
PASANG SEGERA CAPASITOR BANK
DIRUMAH / TEMPAT USAHA ANDA
CUKUP 1 UNIT AJA .... Saat ikuti Pameran Di PRJ (Pekan Raya Jakarta) .. Tanggapan Luar biasa

TONGGAK SEJARAH BARU !!  RIBUAN PELANGGAN PLN MENANTI PRODUK INI !!!


PRODUK TERBARU 2012 ...
UNTUK ANDA HANYA Rp.160.000/ Pcs +belum termasuk ongkos kirim ke tempat anda. Buuruaaan.
Mau Tahu Betapa menggiuurkan bisnis ini ??

Ini Perhitungannya :
Modal Beli Minim 1 karton ( 10 Unit) x Rp. 110.000 = Rp.1.100.000,-
Harga Jual ke konsumen @Rp. 200.000 x 10 pcs = Rp. 2.000.000,-
dKeuntungan dari 1 karton (10 Unit) yaitu (Rp.2000.000 - Rp.1.100.000) = Rp. 1.000.000,-
Jika Anda bisa jual 10 karton Tiap Bulan X Rp.1.000.000= Rp. 10..000.000

Dalam Setahun Rp. 10.000.000 x 12bulan = Rp 120.000.000,-
Balik Modal atau ( ROI) hanya hitungan hari....
Pangsa pasar ribuan bahkan jutaan pelanggan listrik menanti produk CAPASITOR BANK special rumah tangga ini.
 kami benar-benar menjual apa yang tiap2 rumah tangga butuhkan... Produk, kwalitas pelanggan kami nomor satukan. garansi Rusak ganti baru !!
Segera hubungi customer service di halaman depan kanan atas. 0812 8373564




CAPACITOR BANK SATU-SATUYA DARI KAMI
CAPASITOR BANK! CUKUP SATU SAJA DIRUMAH/TEMPAT USAHA ANDA!!!. 
 
Alat ini akan memaksilmalkan daya yang terpasang tanpa mencuri. Keunggulan produk ini dapat dipasang dengan mudah dan tanpa membongkar rangkaian listrik di rumah, kantor dan gedung. Jangan samakan produk kami dengan yg beredar dipasaran !!!!!!
Pelanggan, pemakai, pengguna dan konsumen listrik PLN yang kami hormati, Perlu anda ketahui bahwa energi listrik yang kita gunakan dirumah, kantor, tempat usaha dan dimana saja dapat kita hemat.

Penghematan yang dimaksud bukan berarti mengurangi pemakaian daya atau mematikan beberapa peralatan listrik elektronik yang kita pakai, akan tetapi adalah dengan cara meredam bahkan menghilangkan energi listrik semu, listrik induksi, daya listrik semu, atau induksi yang banyak kita jumpai pada peralatan listrik elektronik yang berkomponen berupa kumparan atau lilitan tembaga.

Kami sebagai warga negera yang tahu serta mengerti masalah elektronik dan listrik merasa terpanggil untuk berkarya dan turut serta merealisasikan program penghematan energy yang dicanangkan lewat INPRES NO.10 Th.2005 serta untuk kesejahteraan masyarakat juga.

Melalui observasi dan penelitian, percobann yang begitu lama ,akhirnya kami dari team ahli PT Surya Pelita Tehnik Indonesia (PT.SPTI) mempersembahkan CAPASITOR BANK
Yang kami berikan adalah kwalitas, penjelasan tentang produk yang rinci, garansi, legalitas dll, hingga konsumen akan tahu,paham akan apa manfaat, fungsi serta kegunaan dengan pasang CAPASITOR BANK
Banyak masyarakat yang tidak tahu !!! Yang terjadi di masyarakat begitu ada alat penghemat listrik, mereka langsung memborong memasang dengan harapan tagihan mereka langsung berkurang sekian persen tiap bulannya. TANPA memperhatikan rambu-rambu ataupun keadaan peralatan listrik di rumah/tempat usaha, daya, serta pemakaian dan sebagainya.

Inilah yang ingin kami jelaskan + luruskan , secara gamblang kepada anda/konsumen, apa fungsi dan manfaatnya bila tiap rumah yang punya listrik memasang CAPASITOR BANK Karena jika tiap rumah/tempat usaha pasang alat ini , pihak PLN sangat terbantu dan masyarakat pun banyak mengambil manfaat dari alat ini !!

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca,simak , pahami, pelan2 uraian berikut

INDUKSI LISTRIK
PT PLN Persero adalah penjual listrik kepada masyarakat. Dengan Daya dari 450Watt, 900Watt, 1300Watt, 2200Watt, 4400Watt, 6200Watt, 8800 watt sampai dengan puluhan ribu watt.
Untuk mengalirkan arus listrik dari gardu PLN ke pelanggan diperlukan alat penghantar yaitu : KABEL.
Alat penghantar (Kabel) yang bagus terbuat dari emas, tembaga dll. Karena alasan rawan keamanan/pencurian dan harga cukup mahal , maka harus mencari bahan alternatif kwalitas yang baik dan murah. .
Maka kabel sekarang banyak terbuat dari alumnium campuran karena harga beli murah dan agak aman dari pencurian. Efeknya adalah mempunyai hambatan yang cukup besar terhadap arus listrik, sehingga bila kita teliti dan jeli kadang daya yang terpasang dengan kenyataan tidak sesuai.
Contoh: Rumah/tempat usaha anda pasang listrik dengan daya 1300watt atau di MCB tercantum 6 Ampere (1300 Watt) tapi kenyataannya setelah kita teliti, cek hanya 1100 watt atau 1200 Watt yang terpakai. Ke mana yang 100 atau 200 watt tadi ?? Jawabnya : Semakin panjang kabel penghantar listrik dari Gardu PLN ke rumah/tempat usaha anda maka semakin besar hambatan yang ditimbulkan sehingga banyak arus listrik yang terbuang, sehingga daya yang sampai pada meteran tidak sesuai dengan daya terpasang.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan, dengan pasang alat ini ada salah satu FUNGSI/MANFAAT dari pasang CAPASITOR BANK yang kita ambil yaitu MEMAKSIMALKAN DAYA TERPASANG.
Sebagai konsumen dari produk PLN, tidak ada salahnya kita mengetahui lebih dalam tentang listrik. Setiap bulannya sebagai konsumen dan pelanggan PLN kita berkewajiban membayar rekening listrik, baik yang kita pergunakan ataupun tidak kita gunakan, sesuai slip(rekening) yang dikeluarkan PLN.
Akan tetapi tahukah anda…??? bahwa dalam rekening pembayaran tersebut ada perinciannnya terdiri dari:
* Biaya Abodemen
* Biaya Pemakaian
* Biaya Induksi
* Biaya Pajak Penerangan Jalan
* Biaya Materai dll
Secara tidak sadar ada biaya yang tidak seharusnya ditanggung/dibebankan ke konsumen yaitu :Biaya Induksi
Kita telah dirugikan oleh adanya biaya induksi yang sebetulnya tidak kita nikmati arus listrik tersebut tapi kita harus membayar, besarnya biaya induksi tergantung dari banyaknya peralatan listrik /elektronik yang aktif di rumah/tempat usaha anda.

APA ITU BIAYA INDUKSI / INDUKSI LISTRIK ??
Jika peralatan elektronik yang banyak anda pergunakan dirumah/tempat usaha anda memakai komponen lilitan kabel tembaga atau gulungan seperti ballast pada lampu neon, trafo pada TV,Radio,komputer dan dynamo pada mesin cuci dll ini merupakan pemakaian listrik semu. Atau sering disebut Induksi listrik (yang menimbulkan biaya induksi)
Induksi Listrik atau listrik semu adalah listrik yang digunakan untuk mengoperasikan alat yang memakai unsur (belitan/kumparan kabel tembaga) Dynamo,ballast,trafo dll yang tidak kita pakai tapi harus membayar. Peralatan elektronik yang mengandung/menimbulkan listrik semu (induksi listri) yaitu : Televisi, komputer, Radio, Tape Recorder,VCD/DVD, Kulkas, Lampu Neon TL, AC, Kipas Angin, Mesin Pompa, elektrik motor, dan sebagainya.
Para ahli listrik telah menciptakan sebuah alat untuk meredam bahkan menghilangkan induksi listrik tersebut. Alat ini sudah banyak dipakai di perusahaan, industri-industri raksasa, Hotel-hotel besar, kantor-kantor/instansi, gedung-gedung, pabrik, tempat usaha dan sebagainya yang mengkonsumsi listrik yang amat besar . Ini dapat diketahui pada industri-industri besar yang telah mempergunakan alat ini yaitu berupa meteran listriknya dobel, meteran pertama untuk menghitung besarnya induksi yang ditimbulkan dan tidak dibayar, sedang meteran yang satu lagi untuk menghitung besarnya pemakaian listrik yang harus dibayar. Adapaun alat tersebut adalah capasitor bank.

CAPACITOR BANK

Mengacu pada cara kerja capasitor bank yang banyak dipasang industri/pabrik besar inilah team ahli pabrik kami menciptakan sebuah alat untuk meredam bahkan menghilangkan daya semu ( induksi listrik) tadi dengan nama CAPACITOR BANK bekerja secara AUTOMATIC pertama di Indonesia. Dan baru dilaunching . Jadi Dipasaran belum begitu banyak .
CAPACITOR BANK adalah produk inovatif dari capasitor bank yang khusus diperuntukan bagi konsumen listrik di rumah tangga, kantor, tempat usaha, salon,tailor, pabrik teksil rumahan/mesin jahit yang pake dinamo dan banyak lagi dari pemakai listrik terkecil sampai terbesar.
CAPACITOR BANK merupakan jawaban dari beberapa pertanyaan mengenai bagaimana caranya menghemat biaya rekening listrik dengan tanpa mengurangi pemakaian listrik.
CAPACITOR BANK adalah alat yang sistematis, mampu mengeffisiensikan penggunaan listrik yang bekerja secara FULL OTOMATIC atau dapat juga secara Manual. Dan diciptakan melalui penelitian dan uji coba (Experiment) yang begitu lama sehingga betul-betul dapat menghilangkan daya semu yang tidak diperlukan tetapi harus dibayar oleh konsumen karena terdapat daya semu pada peralatan listrik.

KEGUNAAN DAN MANFAAT CAPACITOR BANK
Dengan terciptanya CAPACITOR BANK, dari aspek ekonomis masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah jelas merasa terbantu dan mulailah penghematan dalam anggaran belanja rumah tangganya. Yang lain diantaranya :
* Memaksimalkan daya terpasang
* Menghemat biaya pemakaian listrik 9-35 %
* Menghilangkan hambatan pada kabel penghantar
* Menstabilkan arus tegangan listrik (frekwensi)
* Memperpanjang usia peralatan elektronik
* Menuurunkan ampere, mengurangi panas berlebihan pada jaringan
* Mengurangi arus star ( awal)
* MCB tidak mudah turun ( anjlok)
Dengan adanya alat ini Masyarakat, Pemerintah, PLN sangat terbantu sekali.:

# Masyarakat : selain dapat menghemat biaya rekening listrik, karena tidak perlu lagi membayar induksi listrik yang dihasilkan oleh peralatan elektronik yang berinduksi tadi. Serta manfaat dan kegunaan yang lainnya bisa anda baca dibawah ini.
# Pemerintah : dengan adanya alat CAPACITOR BANK akan menimbulkan suatu peluang usaha ( bisnis) yang berakibat perekonomian masyarakat akan bangkit dan menambah penghasilan/pendapatan penduduk. Karena alat ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Dan akan menyerap tenaga kerja baik tenaga produksi, administrasi, distribusi/ penyalur, pemasaran,agen dll
# PLN sangat-sangat terbantu !! Apabila PLN menganjurkan pelanggan/konsumen listrik memakai CAPACITOR BANK apalagi mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Contoh : Kita ambil Minimal ada 20 juta (20.000.000) Pelanggan asumsi penghematan Rp. 40.000,- per KK per bulan maka : 20.000.000 Pelanggan X Rp.40.000 = Rp. 800.000.000.000 (Dalam 1bulan saja)
Di tinjau dari Segi Efisiensi dan Penghematan investasi PLN, bila arus listrik yang dihemat 0,5 Ampere saja ( 0,5 A X 220V =110 Watt) dengan asumsi harga Rp. 300 per Wattnya, maka akan diperoleh angka sebagai berikut : 20.000.000 Pelanggan x 110 Watt X Rp.300,- =Rp. 660.000.000.000
Jelas sekali manfaatnya,dengan demikian PLN tidak perlu lagi investasi untuk membangun gardu baru dll.

FUNGSI DENGAN MEMASANG CAPACITOR BANK:
- Menghemat tagihan listrik hingga 9% - 45% Up tergantung pemakaian dan peralatan yang aktif/berinduksi ( berlilitan tembaga) dirumah/tempat usaha anda.
- Meningkatkan Efisiensi dengan menghilangkan daya semu.
- Memperpanjang umur peralatan listrik elektronik, karena daya listrik yang digunakan oleh peralatan listrik elektronik tersebut menjadi stabil.
( Arus listrik yang turun - naik mengakibatkan rusaknya peralatan elektronik listri kita, dengan adanya alat ini arus jadi stabil)
-Memaksimalkan daya terpasang, hal ini karena distribusi menjadi lancar. ( Misalnya daya terpasang 1300 watt maka pemakaian full 1300 watt)
-Menjaga kabel instalasi dari Overloud (kelebihan beban) sehingga tidak akan terjadi panas berlebihan pada jaringan/instalasi listrik dirumah/tempat usaha anda. ( Coba pegang tembok anda yg dekat dg instalasi listrik bila terasa panas itu tandanya jaringannya terasa panas)
-Mengurangi arus start, sehingga MCB luar maupun MCB dalam tidak mudah anjlok (turun) pada saat pemakaian beban puncak. (Contoh bila anda nyalakan pompa,AC,atau beban watt yg besar sementara daya tak cukup)
-Mengatasi kekurangan nilai guna pada peralatan listrik elektronik yang berinduksi
-Dapat menaikkan qost pi atau power factor atau dapat pula diartikan menurunkan biaya sewa (rekening listrik anda)
-Mengatasi Voltage (voltase) yang naik turun karena bersifat menyimpan arus listrik, bila voltagenya turun CAPASITOR BANK akan melepas listrik simpanannya

MANFAAT/KELEBIHAN PASANG CAPASITOR BANK

* Tidak merugikan PLN karena dapat mengurangi daya watt semu
* Modal awal yang anda keluarkan akan cepat kembali dan pasti
* Bebas biaya perawatan
* Sangat Mudah pemasangannya dan dipasang setelah meteran
* Sangat legal, karena tidak membuka/membongkar segel meteran.
* Garansi 1 tahun, rusak ganti baru.
* Satu unit berfungsi untuk seluruh instalasi di rumah/tempat usaha anda.
* Life time 4 -10 tahun
* Dan masih banyak lagi fungsi/kegunaa yang lain. Yang lebih jelas untuk seterusnya secara tidak sadar akan lebih banyak diuntungkan.

JELAS SEKALI !! Fungsinya banyak sekali, Pasang Prima Saver Auto Inti dari terciptanya CAPASITOR BANK adalah untuk menghemat biaya rekening listrik yakni dengan meredam bahkan menghilangkan daya semu (induksi) listrik yang ada pada peralatan listrik elektronik yang berkomponen lilitan kawat tembaga seperti ballasat atau trafo pada lampu neon, motor listrik dll.

CARA KERJA CAPASITOR BANK
 CAPASITOR BANK bekerja pada jaringan listrik dan dapat menghemat biaya pemakaian listrik dengan cara menghilangkan daya semu listrik atau Induksi.

Dibawah ini beberapa hal mengenai bagaimana CAPASITOR BANK dapat menghemat biaya :
* Pada saat seluruh peralatan listrik elektronik dirumah/tempat usaha anda dioperasikan, CAPASITOR BANK secara otomatis akan meredam dan mengambil arus listrik semu, sehingga pemakaian listrik anda yang tercatat dimeteran adalah murni listrik yang dipakai sehingga biaya yang dikeluarkan pada saat anda membayar rekening akan jauh berbeda dengan waktu anda belum menggunakan CAPASITOR BANK(Semua tergantung pada peralatan dan pemakaian)
* Karena fungsinya menyimpan listrik. Maka pada saat tarikan awal ( start) saat anda menyalakan atau menekan tombol pada peralatan listtrik elektronik anda seketika itu biasanya memerlukan listrik yang besar. Secara langsung CAPASITOR BANK melepas listrik simpanannya untuk membantu tarikan awal tadi sehingga putaran pada meteran tetap stabil. (Contoh nyata jika anda menyalakan pompa air, AC,electric motor dll pada start awal memerlukan WATT yang besar)
* Pada saat Voltage PLN tidak stabil (turun /naik) CAPASITOR BANK akan memaksimalkan listrik simpanannya, sehingga suplai arus listrik pada peralatan listrik elektronik yang sedang aktif tetap stabil, hal inilah yang membuat umur peralatan listrik elektronik anda awet ( tahan lama) alias tidak cepat rusak .

CARA PEMASANGAN CAPSITOR BANK


* Kami menciptakan alat ini bukan untuk mempersulit konsumen (Pemasangan cukup mudah + gampang sekali.
* Hubungkan steker CAPASITOR BANK ke stop kontak paling jauh 5 meter dari fuse box agar prima bekerja secara maksimal, selanjutnya Alat telah berfungsi.

CAPASITOR BANK diciptakan dan dihadirkan kepada konsumen listrik tidak untuk mempersulit penggunaannya, kami buat sedemekian rupa sehingga mudah dipergunakan dengan keuntungan yang maksimal. Untuk pemasangan harus ada rambu-rambu yang harus dipatuhi saat hendak mempergunakan alat ini seperti :
* Besarnya biaya rekening listrik setiap bulannya
* Berapa banyak peralatan listrik elektronik yang aktif ( yang berinduksi/berlilitan kabel tembaga)
* 60% Daya semu (Induksi)yang dihasilkan oleh peralatan listrik elektronik yang aktif di rumah/tempat usaha anda.

Adapun peralatan listrik elektronik yang banyak berinduksi (berlilitan kabel tembaga) seperti:
* Pesawat televisi
* Komputer
* Home Theather
* Kipas Angin
* Blender
* Mesin Jahit Listrik
* Mesin Cuci
* Mesin Pompa Air Listrik
* Tape Recorder
* CD/DVD
* Lampu Neon Berbalast
* Air Conditioner (AC)
* Alat las listrik
* Lemari Es
* Elektrik motor
* Motor-motor listrik dll
Semakin banyak peralatan yang tersebut diatas beroperasi/ berada di rumah /tempat usaha anda maka akan semakin banyak menimbukan induksi.
CAPASITOR BANK: tidak dapat bekerja efektif untuk peralatan listrik elektronik yang berkomponen elemen/filamen atau alat pemanas. Seperti : Setrika listrik, Solder Listrik, Magic Com, Magic Jar, Oven Listrik, Micro Vave,Rice Cooker, Hair drayer, hand drayer dll

LEGALITAS PEMAKAIAN ELECTRIC SAVER
(
(Alat Peghemat Daya/Energy/Capasitor Bank)
1. Penggunaan Capasitor bank dilegalkan dengan SK Menteri PU No.23/PRT/78
2. Surat Dari PLN Persero tentang Pemakaian Capasitor Bank No.128/075/C.V/2005
3. Sanggahan Larangan Pemakaian Alat Penghemat Daya/Energy Dari Direktur Tehnik dan Lingkungan Ketenagalistrikan. Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Direktorat Jendral Listrik Dan Pemanfaatan Energy Surat No.2491/44/640.2/2006
4. Diperkuat dengan Instruksi Presiden No.10 tahun 2005 tentang Penghematan Energi, 10 Juli 2005
5. Tidak menganggu/mengurangi pemakaian listrik
6. Tidak mencuri arus listrik
7. Tindak merusak segelan meteran listrik
8. Terpasang setelah MCB dalam

UJI COBA CAPASITOR BANK
Berbagai uji coba dan kelaikan alat ini telah kami lakukan untuk membuktikan apakah produk ini layak dipakai oleh masyarakat atau tidak.

Contoh-contoh uji coba yang telah kami lakukan :
1. Dengan Daya Listrik 450 Watt (2.045 A) ,Berapa lampu neon 40 watt dapat terpasang??
Belum / Tanpa Menggunakan CAPASITOR BANK:
* Lampu Neon 40 Watt
* Ballast 40 Watt
* Dengan qost pi Ballast 0.5 maka 40 Watt : 0.5 = 80 Watt
* Daya yang terpakai untuk 1 (satu) buah lampu neon 120 Watt
* Bila daya 450 Watt, maka 450 : 120 = 3.75 atau 4 buah, hanya 4 buah
* lampu Neon dapat di pasang.
Setelah Menggunakan CAPASITOR BANK :
* Lampu Neon 40 Watt
* Ballast 40 Watt
* Dengan qost pi Ballast 0.95 maka 40Watt : 0.95 = 82 Watt
* Daya yang terpakai untuk 1 (satu) buah lampu neon 82 watt
* Bila daya 450 Watt, maka 450 : 82 = 5.48 atau 5.5, dapat dipasang
* Lampu.,
* Lampu Neon 40 Watt Sebanyak 5.5 buah

Dari uji coba diatas jelas bahwa tanpa menggunakan Prima Saver Auto daya 450 Watt hanya dapat dipasang lampu Neon 40 watt sebanyak 4 buah saja. Sedangkan bila menggunakan Capasitor Bank dapat dipasang 5 - 6 buah lampu.

2. Contoh lain lagi dengan MOTOR Listrik

Sebelum memakai CAPASITOR BANK : Data di motor listrik tertulis : 100 W, 220 V, 50 Hz, RPM :2800, Rpm/Min dengan Qost pi 0.8
* 100 : 0.8 = 125 Watt
* Dengan memakai Prima Saver : Qospi= 0.95
* 100 : 0.95 = 105.3 watt
* Maka penghematannya 125-105.3 =19.7 watt

3. Dengan Alat Peraga

Alat peraga terdiri dari 4 buah lampu neon 40 wattbuah ballastnya 40 watt dilengkapi dengan MCB, Ampere meter, kemudian dirangkai sedemikian rupa agar pada saat ke 4 buah lampu menyala ampere meter akan bekerja sebagai penunjuk ampere.
* Secara Teori : 4 buah lampu 4 x 60 = 160 watt
* 4 buah ballast 4 x 60 = 160 watt
* Total = 320 Watt

Secara Praktek tanpa CAPACITOR BANK
Setelah ke-4 lampu nyalakan akan terlihat jarum penunjuk ampere meter ada pada angka 1.9 A, bila kita cari wattnya dengan menggunakan rumus W = V x A adalah 1.9 x 220 = 418 Watt . dari hasil diatas tidak ada kesamaan angka antara teori dan praktek hal ini disebabkan kwalitas ballast lampunya buruk, sehingga induksi yang ditimbulkann akan besar.

Sekarang Praktek menggunakan CAPACITOR BANK
CAPASITOR BANK kita pasang pada rangkaian tadi, maka jarum ampere meter menunjukkan 0,9 Ampere. Dengan rumus tadi kita akan mengetahui hasilnya 0.9 x 220 = 198 Watt

Bila kita hitung selisih antara sebelum menggunakan CAPACITOR BANK dan setelah menggunakan CAPACITOR BANK : 418 watt - 198 Watt = 220 watt dapat dihemat. Ini menunjukakn bahwa CAPACITOR BANK dapat menghilangkan induksi listrik yang ada pada ballast lampu.

Dari hasil uji coba diatas kita dapat mengetahui bahwa dengan hanya 4 buah lampu neon 40 watt saja kita diharuskan membayar rekening listrik sebanyak 418 watt. Tetapi dengan memakai Prima Saver Auto hanya 198 watt saja yang kita bayar ?? Berapa rupaih kerugian kita bila itu itu terus terjadi…?????

4. Dengan Tang Ampere ( Clamp Ampere)
Contoh : Pada MCB meteran dirumah/tempat usaha anda tertulis 6 Ampere berarti yang terpasang daya di rumah/tempat usaha anda dayanya 1.300 Watt.

Aktifkan seluruh peralatan elektronik/listrik yang ada di rumah/tempat usaha anda kecuali Setrika listrik, solder,microwave, oven Magicjar dll atau peralatan elektronik yang berkomponen elemen (menimbulkan panas ).

Cantolkan ( jepitkan) Tang ampere/clamp ampere pada salah satu kabel PLN yang masuk ke meteran, Pada tang ampere jangan lupa setel di 20 Ampere.

Pada layar Tang ampere akan terlihat angka yang menunjukkan bahwa pemakaian listrik di rumah/tempat usaha, saat itu sekian ampere, lalu hitung dengan menggunakan rumus:
W=V x A

Setelah angka wattnya didapat, kemudian pasang CAPACITOR BANK pada fuse box (steker) dirumah anda dimana saja maximum 3 meter dari sekring/MCB meteran dalam. Cantolkan (jepitkan kembali) tang Ampere. Lihat berapa ampere angka yang tertera, dengan menggunakan rumus yang sama , bandingkan hasilnya, berapa watt penurunannya. ( Peralatan listrik semua masih dalam keadaan menyala)

SANGAT-SANGAT JELAS !!
Memasang CAPACITOR di rumah/tempat usaha anda sangat bermanfaat plus sangat-sangat legal.
Kini mulai saat ini anjurkan/ajak/beritahu saudara,tetangga, teman, kawan, kerabat, sahabat, saudara, rekan kerja/kantor,rekan bisnis,kolega anda dll untuk pasang CCAPACITOR BANK. Di rumah/tempat usahanya Banyak sekali yang belum tahu !!!

Daaa…..n tak kalah menariknya peluang usaha/bisnis ada didepan mata anda. Ratusan ribu pelanggan listrik menanti PRIMA SAVER AUTO. Segera sosialisasikan !!!
Kapan lagi anda bergerak !!! kami siap mensupali barangnya.

IKUTI DISKUSI MILIST DI MENGENAI CAPASITOR BANK
Manfaat Kapasitor bank
Capacitor fungsinya adalah sebagai penyimpan muatan listrik yang secara
kasar, kerjanya mirip accu /batere, namun dalam waktu yang relatif singkat
muatan yg tersimpan dalam capacitor akan habis, tergantung dengan beban
(load) yang terhubung ,dan kapasitas (dlm Farad) capasitor tersebut.
Analoginya adalah dengan bak penampungan air di tower yang kerannya dibuka
lebar-lebaaar………Saat capasitor dihubungkan dengan sumber tegangan
(pompa air hidup)….,muatan terisi penuh (bak penuh),dan jika sumber
tegangan dilepas (pompa air mati)….,muatan akan habis (bak kosong)…en
kudu diisi lagi…begitu seterusnya….. sedangkan Kalau Accu,analoginya bak
penampungan air yang volumenya besar (AH),dengan tinggi tower
sama(Voltage),dan mengisi airnya lebih lama (charging time),dan membuangnya
otomatis relatif lebih lama (tergantung beban (watt) terpasang)………….
kapasitor bank dengan PLN
Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia – Mei 2003
Pertanyaan : (Junus Juwana – Duta Karsa Cipta Buana)
Saya ingin bertanya khususnya bagi rekan2x dari PLN, apakah pemakaian kapasitor bank untuk aplikasi residential / rumahan itu legal / tidak ? kalau memang legal apakah ada surat / perpu yg menyatakan demikian? Sepengetahuan saya untuk area industri memang sudah diperbolehkan atau dpt dikatakan dianjurkan oleh PLN.
Tanggapan 1 : (Kunarta Djayaputra – Kellog Brown & Root Indonesia)
Pak Junus, saya bukan orang PLN. Tapi saya coba memberikan sedikit yang saya tahu mengenai Capacitor bank. Capacitor bank adalah electrical equipment untuk meningkatkan power factor(PF), dimana akan mempengaruhi besarnya arus(Ampere).
Kalau beban listrik banyak yang mengandung reactance(reaktansi) seperti beban motor listrik, Neon maka PF akan berada dibawah 0.8.Fluorescent/Neon yang tidak dilengkapi capacitor PF nya 0.5. Dengan dipasangnya kapasitor bank maka PF diharapkan dapat mencapai 0.98 ~ 0.9 (karena idealnya 1.0).
PLN justru senang kalau pelanggan memasang capacitor karena dapat membantu PLN, dimana PLN dapat mensupply lebih banyak lagi arus ke pelanggan. Bagi konsumen ini merupakan investasi, dimana dengan dipasangnya capacitor, tagihan akan berkurang dengan alternative bisa memasang lebih banyak lagi alat listrik.
Untuk industri justru peraturan PLN adalah, pelanggan harus memasang capacitor bank untuk mencapai PF diatas 0.85 (kalau engga salah).
Tanggapan 2 : (Junus Juwana – Duta Karsa Cipta Buana)
Pak Djaya terima kasih respondnya…
Apakah selain meningkatkan PF alat tersebut juga bisa menstabilkan tegangan? kalau memang bisa, berarti kalau saya sudah memasang kapasitor bank di rumah stabilizer sudah tidak diperlukan lagi.
Tanggapan 3 : (Kunarta Djayaputra – Kellog Brown & Root Indonesia)
Tidak bisa pak Junus. Ini fungsinya cuma meningkatkan PF.
Tanggapan 4 : (Agus Permana S– PLN)
Pak Junus,
Kalau peraturan pemakaian Capacitor Bank saya juga belum pernah lihat, tetapi pemakaian Capacitor untuk Industri maupun Perumahan sangat dianjurkan oleh PLN.
Bahkan PLN pernah mempromosikan pemakaian capacitor di rumah-rumah.
Pemakaian capacitor ini menguntungkan kedua belah pihak, dari sisi pelanggan tagihan bisa berkurang dan dari sisi PLN Losses energi listrik dapat ditekan.
Capacitor tidak bisa menstabilkan tegangan, tetapi dapat menaikkan tegangan didaerah yang tegangannya sudah turun karena beban induktif.
Tanggapan 5 : (Junus Juwana – Duta Karsa Cipta Buana)
Pak Agus,
Ada kawan saya yang sudah memakai capasitor bank di rumahnya…setelah 3 bulan pemakain ternyata tagihan bulanannya meningkat, apakah kejadian tersebut berhubungan dengan sifat dari kapasitor ?
Tanggapan 6 : (Erwin Guci – PT. PETROSEA Tbk)
Ya…mungkin saja…sebab anda tidak memperhitungkan VAR…variasinya… sehingga……………terjadi over PF( >1).
Tanggapan 7 : (Berlian Syako – Pt.Sofresid)
Maaf sekedar koreksi…
PF tidak mungkin lebih besar dari satu. Harga PF maksimum 1
VAR = Volt Ampere Reactif (beban reaktif)
Tanggapan 8 : (Kunarta Djayaputra – Kellog Brown & Root Indonesia)
Maaf, Pak Berlian mungkin maksudnya Erwin PF nya leading. Karena PF bisa
lagging atau leading. Oleh sebab itu untuk pasang Capacitor dirumah harus konsultasi sama orang listrik, ya engga? (just kidding).
Tanggapan 9 : (Agus Permana S– PLN)
Pak Junus,
Maaf pak, maksud saya tagihan kalau beban dan tarifnya tetap, dengan kata lain mengurangi losses di rumah. Karena seluruh pemakaian listrik (termasuk losses)
setelah kWhmeter akan dihitung oleh kWhmeter.
Seperti diketahui di Indonesia beban listrik umumnya induktif, sehingga makin jauh dari Sumber Listrik cos phi nya akan makin kecil. Untuk beban yang sama akan
diperlukan arus yang lebih besar dibanding dengan yang cos phi nya lebih besar. Sedangkan losses berbanding lurus dengan pangkat dua dari arus dan tahanan
penghantar (i^2 * R).
Keuntungan lain dari pelanggan adalah MCB dirumah bapak tidak akan sering jatuh. Karena pembatas listrik (MCB) bekerja berdasarkan arus yang lewat MCB
tersebut.
Selain itu Capacitor juga mengurangi arus start yang besar, saat kita mengoperasikan beban yang bersifat induktif.
Memang jika cos phi di rumah bapak cukup baik, dan bapak tidak banyak menggunakan beban induktif (seperti lampu TL, AC, komputer atau motor-motor listrik), pemakaian capacitor tidak diperlukan alias sia-sia.
Salah satu indikasi cos phi yang kurang baik dapat dilihat dari tegangan yang drop (tidak selalu), untuk pastinya harus diukur.
Tanggapan 10 : (Iwan Jatmika – BP Indonesia)
Nah kebetulan ada Mas Berlian, kalau nggak salah beban listrik AC (Alternating Current) itu kan bisa menyebabkan lagging (kalau bersifat konduktif kayak motor listrik, transformer, lemari es, mesin cuci, pemanas, dll) dan juga bisa leading (kalau beban bersifat kapasitif seperti lampu neon, yang lain susah dicari, apa ya? Tapi ada). Jadi secara awam kalau rumah teman kita setelah di tambah kapasitor bank, dan ternyata bayar listriknya tetap tinggi atau lebih tinggi, mungkin kapasitor bank-nya lebih besar dari kebutuhan yang diperlukan untuk mengkompensasi beban konduktif (lagging) sehingga, beban bersifat kapasitif.
Jadi Mas Berlian Benar, bahwa nilai PF (Cos Q)absolut itu = 1, tapi beban bisa bersifat lagging (konduktif Cos Q minus) atau leading (Cos Q positif). Dengan begitu, Mas Erwin juga betul, cuma istilahnya PF tidak lebih besar dari satu, tapi PF menjadi bersifat kapasitif. Dua-duanya menuju jawaban yang benar.
Kesimpulannya, kalau ingin memasang kapasitor bank, kalau tidak mau susah-susah mengkalkulasi, bisa dengan memakai peralatan Cos Q meter dan Variable Kapasitor Bank. Dengan merubah-rubah kapasitor bank variable, kemudian dibaca di Cos Q meter, dicari titik kombinasi terbaik dari PF (biasanya PF 0,95 adalah sudah paling…paling….maksimum bagusnya).
Setelah itu baru dipasang permanen kapasitor bank yang diperlukan dengan nilai kapasitannya sesuai dengan nilai di kombinasi yang optimum tadi.
Tolong dikoreksi keterangan saya ini, karena ini adalah ingatan saya lebih dari sepuluh tahun yang lallu sewaktu ikut praktikum umum teknik tenaga listrik. Semoga membantu.
Tanggapan 11 : (Asep Saepudin – PTSM)
Saya hanya ingin menambahkan….
Mungkin agar lebih sensitif kita bisa pasang Power Factor Regulator pada capacitor bank yang kita pasang…alat ini bisa mengatur kebutuhan supply daya reaktif dari capsitor bank sesuai dengan kebutuhan secara otomatis…tapi haraganya ya cukup lumayan kalo untuk aplikasi di rumah…..
Tanggapan 12 : (Lena Samsudin)
Saya mau tanya nih, mungkin dari anggota milis ada yang bisa kasih saya pencerahan, kantor saya memasang capacitor bank untuk menaikkan PF, selain itu
juga saya pernah dengar kalo dengan pemasangan capacitor bank itu, kita bisa mengurangi denda dari PLN, yang kalo tidak salah di rekening tagihan listrik bulanan ada tertera pemakaian KVARH sekian.. juta rupiah, yang kadang2 kantor saya harus membayar sampai sekitar tiga jutaan…
Ketika saya memakai capacitor bank itu, supplier menjanjikan bahwa tagihan KVARH listrik akan menjadi Rp 0, 00 tapi kenyataannya sampai sekarang kami masih tetap membayar denda KVARH tersebut, mohon dijelaskan, apakah memang dengan memakai capacitor bank kita dapat mengurangi bayar denda pada PLN…
Tanggapan 13 : (Akhmad Rusli – Cegelec)
Pemasangan kapasitor bank pada sebuah sistem listrik akan memberikan keuntungan sbb :
1. Peningkatan kemampuan jaringan dalam menyalurkan daya
2. Optimasi biaya : ukuran kabel diperkecil
3. Mengurangi besarnya nilai “drop voltage”
4. Mengurangi naiknya arus/suhu pada kabel, sehingga mengurangi rugi-rugi
daya.
5. PLN membebankan biaya kelebihan pemakaian kVARh pada pelanggan bila
faktor daya (cos phi) rata-rata per bulannya kurang dari 0.85 induktif. Hal ini terjadi bila pemakaian kVARh total selama sebulan lebih dari 0.62 kali pemakaian kWh total (LWBP + WBP). Nah, dengan memasang kapasitor bank ini Anda akan mendapatkan peningkatan faktor daya sistem.
Peningkatan faktor daya ini tergantung dari seberapa besar nilai kapasitor yang dipasang (dalam kVAR). Sehingga denda kVARh Anda bisa dikurangi.
Jadi dengan memasang kapasitor bank, selain bisa menghemat tagihan rekening
listrik per bulan, Anda juga bisa mendapatkan penghematan dari optimasi jaringan (ukuran kabel bisa dipilih yg lebih kecil, rugi-rugi daya diperkecil, dan efisiensi jaringan listrik). Memang pemasangan kapasitor bank ini adalah sebuah investasi yang manfaatnya baru bisa diperoleh setelah beberapa bulan.
Akan lebih baik apabila pemasangan kapasitor bank ini dilakukan ketika bangunan baru dibuat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemasangan kapasitor bank ini, misalnya apabila kapasitor bank rusak, maka harus ada beberapa beban yang dibuka apabila tidak ada back up kapasitor bank.
Penentuan besarnya beban yg harus dibuka pada kondisi kapasitor bank rusak
harus dilakukan sebelum kapasitor dipasang.
Pada dasarnya, generator mengeluarkan energi listrik AC dalam bentuk energi
aktif dan reaktif. Energi aktif (dinyatakan dalam kW) adalah energi yg dapat diubah ke bentuk lain, misal panas, cahaya, dsb…), sedangkan energi reaktif diperlukan oleh peralatan yang bekerja dengan sistem elektromagnet. Kedua energi ini membentuk daya total yang disebut dengan daya nyata (dinyatakan dalam kVA).
Dengan memasang kapasitor, suplai daya reaktif yang dibutuhkan oleh peralatan2 induktif akan dilakukan oleh kapasitor dan jaringan listrik. Sehingga secara “kasarnya” dapat diartikan bahwa daya reaktif yang disuplai oleh jaringan listrik akan berkurang karena sudah dibantu suplai oleh kapasitor.
Besarnya “rating” kapasitor bank yang harus dipasang dapat dihitung dengan
metode cos phi dan kwitansi rekening listrik bulanan dari PLN. Saya bisa bantu menghitungkan nilai kVAR kapasitor bank di tempat Anda, tapi nggak gratis lho….hehehe…
Tanggapan 14 : (Albert Marihot – PowerGen Jawa Timur)
Menambahkan keterangan Pak Akhmad Rusli,
Sirkuit 3 phasa memiliki 3 jenis daya listrik :
1. Daya nyata atau daya total (S) dalam satuan VA
S = C x Tegangan x Arus
Dimana C = akar 3 (~ 1,732) untuk sirkuit 3 phasa
Daya nyata merupakan kombinasi dari kedua daya yang lain di bawah ini.
2. Daya aktif (P) dalam satuan Watt
P = C x K1 x Tegangan x Arus
Dimana : K1 sering disebit dengan PF atau cos teta = (Watt / VA)
3. Daya reaktif (Q) dalam satuan VAR
P = C x K2 x Tegangan x Arus
Dimana : K2 adalah sin teta = (VAR / VA)
Dalam segitiga daya (dapat dibayangkan dengan segitiga siku-siku) dimana
garis horisontal (alas) merupakan daya aktif dan garis vertikal (tinggi) merupakan daya reaktif. Sisi miring menunjukkan daya nyata yang besarnya diperoleh dengan menggunakan persamaan Pak Phytagoras yang terkenal itu. Dari segitiga tersebut, apabila sudut teta = 0, artinya cos teta = pf = 1 dan sin teta =0, akan diperoleh daya nyata segaris dengan daya aktif dan tidak ada daya reaktif. Kondisi dinamakan Unity Power Factor. Pengertian lain dari kondisi ini adalah bahwa seluruh daya listrik dipakai sebagai daya aktif (watt) dan tidak ada yang terbuang sebagai daya reaktif.
Contoh dari peralatan-peralatan yang mengkonsumsi daya nyata (unity power
factor) adalah beban-beban resistif (R), seperti pemanas air, pemanas ruangan, lampu pijar dsb. Untuk beban-beban induktif (L) seperti motor-motor dan trafo memiliki PF di bawah 1, biasanya antara 0,8 sampai 0,85. Dengan menambah beban kapasitif (C), maka garis vertikal pada segitiga daya akan dikurangi besarnya (arah dari daya beban kapasitif berlawan dengan arah beban induktif dan akan saling menghilangkan) sehingga mendekati kondisi Unity Power Factor.
Hubungan antara PF dengan arus listrik dapat diterangkan dengan contoh
berikut :
Misal sebuah motor dengan kapasitas 600 kW, 690 V. Pada pf 0,8 maka motor
membutuhkan arus sebesar :
I = 600000/(1,732 x 690 x 0,8) = 627.6 Ampere
Untuk pf = 0,7 maka arus yang diperlukan motor adalah ;
I = 600000/(1,732 x 690 x 0,7) = 717.23 Ampere
Atau dengan kata lain, semakin kecil power faktor maka arus yang dibutuhkan
akan semakin besar demikian pula sebaliknya, hal ini mendukung informasi Pak
Akhmad Rusli mengenai keuntungan-keuntungan dari perbaikan power faktor
tersebut. Untuk industri, PLN menagihkan daya aktif dan daya reaktif sedangkan untuk rumah tangga, PLN hanya menagihkan daya aktif saja.
Tanggapan 15 : (Junus Juwana – Duta Karsa Cipta Buana)
Pak Rusli,
Jadi dengan kata lain kita tidak bisa sekedar beli kapasitor bank tersebut dan langsung kita pasang di steker rumah (plug and play) ?
Tanggapan 16 : (Akhmad Rusli – Cegelec)
Pak Junus,
Benar Pak, karena apabila kapasitor bank yang Anda pasang terlalu besar, akan menyebabkan jaringan menjadi kapasitif. Hal ini selain akan meningkatkan suhu pada jaringan, arus dan tegangan nya pun meningkat.
Setahu saya, beban listrik di rumah tangga yang cukup besar nilai reaktifnya adalah lampu TL (neon) yang memakai ballast “konvensional”. Nilai faktor dayanya mencapai kira-kira 0.7 – 0.8. Akan tetapi, sekarang sudah banyak dijual ballast electronic yang cos phi nya = 1.
Selain itu, beban reaktif lain yg ada di rumah tangga adalah pompa air. Tapi, karena pengoperasiannya hanya dalam waktu2 tertentu, menurut saya kurang ekonomis kalau dipasang kapasitor.
Saran saya, jika Anda menggunakan lampu TL dengan ballast konvensional, Anda bisa memasang kapasitor ‘paralel’ dengan ballast tsb. Mengenai ukuran kapasitor yang harus dipasang, sebaiknya ditanyakan ke toko yang menjualnya. Bisa juga Anda memasang kapasitor bank panel lengkap dengan regulatornya di “main incoming” jaringan listrik rumah, tetapi harganya mahal dan tidak ekonomis untuk
rumah tangga.
Untuk pemakaian di rumah, sebaiknya memakai lampu-lampu yang ‘hemat energi/energy saver’ yang dikampanyekan oleh PLN, karena selain lebih terang, cos phi nya juga bagus. Memang harganya lebih mahal… tapi anggaplah sebagai
sebuah investasi.
Sebagai contoh, sebuah rumah dengan kapasitas daya 900 VA memiliki cos phi
0.65 Maka daya aktif yang bisa dipakai adalah 585 W. Apabila cos phi ditingkatkan menjadi 0.95 maka Anda mendapatkan daya aktif 855 W. Sehingga dengan cos phi yang lebih tinggi Anda bisa memakai lebih banyak peralatan listrik. Misal, sebelumnya kalau pompa air dan setrika menyala bersamaan menyebabkan MCB trip, maka dengan perbaikan faktor daya hal ini tidak terjadi lagi.
Setahu saya, untuk instalasi rumah, PLN tidak memberikan denda kVAR. Sehingga perbaikan factor daya (cos phi) di jaringan rumah tangga tidak mengurangi tagihan rekening bulanan Anda. Karena meteran PLN menghitung berdasarkan pemakaian daya aktif Anda per bulan (kW x hour).
Keuntungannya adalah dengan kapasitas daya Anda (misal 900 VA), Anda bisa memakai peralatan listrik lebih banyak dengan cos phi yang tinggi, sehingga Anda tidak perlu mengajukan penambahan daya ke PLN.

Akibatnya………..setelah beberapa bulan mereka pasang penghemat listrik yang ia beli dengan harga murah tersebut TERNYATA tagihannya bukan turun malah ada yang naik, turun sekian persen dll !

Komentar-komentar miring, kecewa,keluhan dan ucapan konsumen, yang tidak enak didengar keluar seperti” bohong…, tidak terbukti…., dan sebagainya.

Akibatnya kami yang benar-benar memproduksi yang berkwalitas,dengan pengetahauan produk yang jelas dan transparan jadi kena imbasnya. Perlu kami jelaskan bahwa kami mengeluarkan produk ini pasti ada manfaatnya. Tidak asal bikin, produksi ketika sedang booming ataupun lainnya, lalu dijual /banting dengan harga murah.

ANDA INGIN JADI PEMAKAI, PENYALUR, DISTRIBUTOR, AGEN !
Syaratnya Anda Cukup memiliki satu contoh produk/barang
CONTOH CAPASITOR  BANK   DI INDUSTRI/PABRIK2 , GEDUNG-GEDUNG  DLL

9 komentar:

  1. terus terang saya tertarik dengan produk ini cpstor bank, tapi saaya kurang yakin karena alat semurah itu dapat bkerrja dengan sebaik itu, saya mohon solusi ni mas... saya pengelola lab komputer di salah satu sekolah, masalahnya listrik yang masuk hanya 198 V sedang kan listriknya 2200 watt kalau gak salah, apakah bisa capasitor bank menyelesaikan masalh saya.tolong di balas ya mas

    BalasHapus
  2. Terima kasih Pak Agus,
    Fungsi capasitor bank bukan untuk menambah daya tapi memaksimalkan daya yg terpasang juga bisa dan bisa mengurangi pembayaran jika dalam 1 instalasi ada 75% ada induksi listrik. Jadi tergantung dari pemakaian danperalatan. Dari kasus diatas Capasitor bank untuk memaksimalkan daya....( volt amper memang tidak stabil umumnya)jadi tdk full 220V

    BalasHapus
  3. pak saya mau menanyakan ,akibat dari pemasangan capasitor bank yang dipasang lebih dari 2 kapasitor bank efek nya gmna???

    BalasHapus
  4. capasitor tsbt hanya meredam induksi bukan memperlambat putaran meteran bagaimana mungkin akan menghemat tagihan listrik kalau di pabrik dipasang capasitor itu untuk membantu star awal pada mesin...informasi yg diatas menurut saya terlalu berlebihan apalagi capasitor yg dipakai hanya berapa mikro saja itu sangat kecil booss.....

    BalasHapus
  5. Pak Hendro, untuk pemasangan kapasitor 2 buah, tidak kami anjurkan karena capastor produk kami telah disetting untuk daya tertentu.(1300-2200w) Karena kalo dipasang 2 pun tidak ada efek. Jadi effeknya tidak pengaruh apa2 tks.

    BalasHapus
  6. Pak Taufik terima kasih atas commentnya, yang pasti alhamdulillah sejak kami jualan dari tahun 2005 konsumen kami banyak yang mengambil manfaat dari produk kami. Hanya konsumenlah yang berbicara...bagaimana produk Power Saver.

    BalasHapus
  7. ane udah lakukan riset hasil memang betul capacitor bank dapat menghemat energy listrik. kesimpulan riset nilai capasitor yang digunakan sangat tergantung dari beban yg dipakai contoh 1 : beban rumah 275 watt dipasang 10 uf beban justru bertambah menjadi 308 watt,contoh 2 : beban rumah terpasang 600 watt dipasang 10 uf beban turun menjadi 500 watt. hasil riset ane punya rumus baru sederhana mencari nilai capacitor yang idial : beban dalam (watt * 2%) dapat dihemat listrik 25 % contoh jika beban 1000 watt * 2% = 20 Uf nilai capacitor

    BalasHapus
  8. sy telah byk dengar ttg kapasitor bank ini dari masyarakat awam dan dari artikel ini. tp sungguh miris rata2 info yang diterima oleh masyarakat agak kurang benar. sy sedikit meluruskan tulisan yg ada di artikel ini seperti "Meningkatkan Efisiensi dengan menghilangkan daya semu." . daya semu yang mempunyai satuan VA itu tidak dapat dihilangkan (ingat2 segi tiga daya buat para ahli yg buat alat ini). daya yg kita beli dari PLN seperti 450watt atau 1300 watt itu sebenarnya adalah daya semu yg diberikan PLN ke kita, berhubung daya semu (VA) tidak umum dimasyarakat awam sehingga PLN menyebutnya watt (daya aktif) ke pelanggan PLN untuk dimengerti masyarakat awam) trus apa hubungannya dengan kapasitor bank?? coba bpk2 cek digoogle yang namanya segi tiga daya disitu akan ada yg namanya cos phi. cos phi adalah benda sudut phasa antara tegangan phasa dan arus phasa atau kalo dilihat dari segi tiga daya cos phi itu adalah perbandingan daya aktif (watt) dengan daya semu (VA). contoh: kita berlangganan 1300 watt dari PLN (yang sebenarnya itu adalah 1300 VA) tetapi kenapa kok baru dipakai beban 600watt sudah njeglek MCB nya??. coba lihat lagi segi tiga daya, 1300VA yang dari PLN itu adalah daya semu. sedangkan 600 watt tadi daya aktif, berarti dirumah kita dapat diketahui cos phi nya adalah 600/1300= 0.46 . loh padahal kita berlangganan 1300watt (aslinya 1300VA) tp knp kita g bisa memakai daya sampai 1300watt, ndah itu tadi karena cos phinya jelek. trus gimana caranya biar cos phinya bagus n kita bisa pakai daya seperti daya yg kita langganan?? jawabnya y kita perbaiki cos phi tadi dengan cara penambahan kapasitor. jadi menghilangkan daya semu itu adalah sesuatu yang TIDAK MUNGKIN. oooo jadi dengan nambah kapasitor kita bisa dapat daya yg maksimal y?? yup betul sekali. trus tagihan kita turun g?? y enggalah bpk2 ibu2. kalo kita pakainya banyak y jelas bayarnya juga bayak. loh katanya penghemat daya listrik?? bukan penghemat tapi memaksimalkan daya yg sudah kita beli, mau langganan 1300watt (aslinya 1300VA) tapi kita cuman bisa pakai 600 watt?? engga kan. jadi alat ini bukan untuk menghemat tagihan listrik!! tapi untuk memaksimalkan daya listrik yg sudah kita beli. o iya satu lagi, pemasangan kapasitor yang tidak terkontrol sesuai beban dapat menyebabkan beban kapasitif. beban kapasitif ini menyebabkan kenaikkan tegangan yg berlebih sehingga bisa saja peralatan elektronik rusak dan ada peristiwa yg lebih ektrim yak ni terjadi kebakaran karanea seolah2 terjadi "hubung sikat" atau "kosleting" karena terjadi resonansi akibat pemasangan kapasitor yg tidak sesuai dengan beban atau tak terkontrol. semoga tulisan ini dapat meluruskan apa yg sebenarnya terjadi. fwzybernadado@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. klop dengan riset setuju bos,maklom di indonesia ini informasi penjual hanya sebatas membesar2kan barang yg di jual nya tanpa rincian kalkulasi yg jelas.sehingga merugikan konsumen yg nota bene awam.malah mungkin si penjual sama sekali tidak tau apa yg di jual nya.hati2 di sini sudah ada penjual alat ini yg di tuntut karana setelah alat di pasang tuch rumah langsung kebakaran .karna upper tegangan nyampe 300volt .akibat kapasitif dari kapasitor yg berlebih,.semoga menjadi bahan evaluasi untuk kita smeua.thank untuk info nya om fwzybernadado.biar konsumen yg awam tahu mana yg haru mereka pakai.untuk penjual mohon maaf atas ketidak pantas nya omongan saya.tp setidak nya klo kita berdagang jgn mencari untung sendiri tp melupakan ke untungan org konsumen.

      Hapus